Selasa, 16 Oktober 2012

Mengenal efedrin

Apa itu efedrin?
 
sebagian besar pembaca mungkin sudah kenal dengan senyawa ini.. Efedrin merupakan senyawa alkaloid yang dijumpai pada beberapa tanaman genus Ephedra. Di Cina, beberapa Traditional Chinese Medicine seperti ma huang mengandung efedrin dan pseudoefedrin. Produksi efedrin di Cina yang berasal dari tanaman Ephedra sinica cukup besar, mencapai senilai USD 13 juta, yang berasal dari 30000 ton efedra per tahunnya. Namun demikian, efedrin yang dipakai saat ini kebanyakan merupakan senyawa sintetik, karena isolasi dan ekstraksi efedrin dari Ephedra tidak lagi cost-effective karena biaya yang mahal, dan juga ada concern terhadap ketersediaan tanaman Ephedra jika dieksplorasi terus menerus.
Bagaimana struktur kimia efedrin?
Secara kimia, efedrin menunjukkan isomerisme optikal dan memiliki dua pusat kiral, sehingga menghasilkan 4 stereoisomer… Aduuh, bahasane kimia banget…. Pasangan enantiomer dengan stereokimia (1R, 2S dan 1S,2R) adalah efedrin, sedangkan yang berstereokimia (1R,2R dan 1S, 2S) adalah pseudoefedrin. Isomer yang dipasarkan sebagai efedrin adalah (–)-(1R,2S)-ephedrine. Yang menarik, dengan perbedaan stereokimia ini, efek dari efedrin dan pseudoefedrin berbeda, di mana efedrin memiliki efek yang lebih poten, termasuk juga efek samping yang lebih besar daripada pseudoefedrin. Efedrin dan pseudoefedrin keduanya masih banyak dijumpai dalam komponen obat selesma/obat flu yang ada di pasaran.

Dari struktur kimianya, efedrin merupakan suatu senyawa amina yang memilik struktur kimia mirip dengan turunan metamfetamin dan amfetamin. Dapat dikatakan, efedrin adalah suatu amfetamin yang tersubstitusi dan merupakan analog struktural metamfetamin. Perbedaannya dengan metamfetamin hanyalah adanya struktur hidroksil (OH). Kalian tau amfetamin kan? Amfetamin adalah sejenis stimulan sistem syaraf. Turunannya yaitu metilen dioksi metamfetamin (MDMA) yang sangat ngetop sebagai ecstasy, dan metamfetamin HCl  atau shabu-shabu, merupakan obat yang sering disalahgunakan untuk nge-fly

http://zulliesikawati.wordpress.com/

4 komentar:

  1. efedrin merupakan suatu senyawa amina yang memiliki struktur kimia mirip dengan turunan metamfetamin dan amfetamin. bagaimana hubungan struktur dari senyawa amina dan metamfetamin serta amfetamin dan bagaimana keraktifan dari struktur tersebut ?

    BalasHapus
  2. Hubungannya sama-sama memiliki gugus-NH2.

    amina : -NH2

    metamfetamin : (metilamfetamina)

    amfetamin: beta-fenil-isopropilamina(C9H13N)

    http://dhiibhiehh.blogspot.com/2011/04/amfetamin.html

    BalasHapus
  3. 1. Struktur amina : NH2

    2. Gambar senyawa metamfetamin
    http://dc374.4shared.com/doc/1Uh3Qaej/preview.html

    3.
    L-amfetamin memiliki aktivitas yang lebih lemah di bandingkan D-amfetamin karena pada L-amfetamin memiliki halangan steric yang lebih besar dibandingkan dengan dextroamfetamin untuk berikatan dengan reseptor (dapat terlihat dari gambar struktur).
    http://yosefw.wordpress.com/2012/04/01/dexstroamphetamin-loe/


    http://dikaocta.files.wordpress.com/2012/02/amphetamine_structure.png
    Semua struktur dari senyawa tersebut memiliki NH2

    BalasHapus
  4. Hubungan struktur sama dengan efedrin, perbedaan hanya pada gugus -OH saja.
    Ringkasan : AMFETAMIN...Nama generik/turunan amfetamin adalah D-pseudo epinefrin yang pertama kali disintesis pada tahun 1887 dan dipasarkan tahun 1932 sebagai pengurang sumbatan hidung (dekongestan). Berupa bubuk warna putih dan keabu-abuan. Ada 2 jenis amfetamin yaitu MDMA (metil dioksi metamfetamin) dikenal dengan nama ectacy.
    Kalau untuk perbedaan kereaktifan tentu saja efedrin lebih reaktif karena mempunyai gugus hidroksil, berbeda dengan amfetamin dan metamfetamin ang tidak mempunyai gugus hidroksil walau bentuk strukturnya sama.
    http://bomberpipitpipit.wordpress.com/jenis-jenis-narkoba/

    BalasHapus