Rabu, 31 Oktober 2012

ISOLASI SENYAWA STEROID DARI KULIT BATANG TUMBUHAN MAJA



sumber :http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/Vol.%205%20%282%29%20Mei%202008,%20hal%2024-27.pdf

5 komentar:

  1. Secara biosintesis pembentukan steroid berasal dari kondensasi isopentenil pirofosfat dengan isomernya, dimetil alil pirofosfat. Bagaimana proses kondensasi ini berlangsung sampai terbentuknya skualena dan melalui proses siklisasi sampai terbentuknya steroid ?

    BalasHapus
  2. Mungkin untuk mengetahui terbentuknya steroid adalah Serbuk kering kulit batang A. marmelos diekstraksi dengan cara maserasi dengan methanol. Ekstrak methanol dipekatkan kemudian difraksinasi dengan menggunakan n-heksana dan masing-masing diuji steroid. Ekstrak n-heksana merupakan fraksi yang positif steroid kemudian dipisahkan dengan cara kromatografi kolom menggunakan fase diam silica gel dan dielusi secara isokratik menggunakan eluen n-heksana kloroform (70:30). Semua fraksi dilakukan analisis menggunakan kromatografi lapis tipis. Fraksi yang sama digabung berdasarkan pola noda yang sama dan diuji steroid. Fraksi yang positif steroid (vial 15-22) menghasilkan Kristal dan rekristalisasi dengan menggunakan methanol p.a sampai diperoleh steroid yang murni. Uji kemurnian dilakukan menggunakan KLT. Penentuan struktur molekul isolasi murni dilakukan dengan menggunakan spektrofotometer inframerah dan spektrofotometer NMR-‘H.

    BalasHapus
  3. saya setuju dengan pendapat saudari maharani karena untuk mengetahui terbentuk atau tidaknya senyawa steroid pada tumbuhan maja itu dengan cara maserasi, dari hasil maserasi itulah kita memperoleh seroid yang murni. dugaan ini diperkuat dengan adanya serapan pada daerah bilangan gelombang. pita serapan ini lah yang memberikan gambaran bahwa adanya suatu senyawa yang merupakan suatu senyawa siklik (steroid) yang mengandung gugus OH.

    terima kasih

    BalasHapus
  4. Iya, seperti yang telah dijelaskan oleh saudara rani dan wayan, bahwa proses untuk mendapatkan steroid dari batang tumbuhn maja dilakukan dengan cara maserasi yang nanti hasil akhirnya dapat menggunakan pereaksi Liebermann Burchard memberikan warna hijau yang menandakan adanya steroid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam proses mendapatkan steroid dari tumbuhan maja,dengan serbuk kering batang A.marmelos diekstraksi cara maserasi dengan metanol menggunakan pereaksi Liebermann Burchard.
      cara kerja dapat dilihat :http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/Vol.%205%20%282%29%20Mei%202008,%20hal%2024-27.pdf

      Hapus