Minggu, 01 Mei 2011

ASAM DAN BASA

1. Basa kuat dani asam kuat tidak bisa terhidrolisis.
masalah   : mengapa hal tersebut bisa terjadi ?
pendapat : karena basa kuat dan asam kuat tidak bisa terurai atau dipecah oleh air. Asam kuat biasa dipakai  untuk katalisator pada proses hidrolisis,kalau penggunaan katalisator basa terbatas karena hasil akhir adalah garam bukan asam. Secara umum hidrolisis itu untuk menguraikan garam yang terbentuk dari asam kuat dan basa kuat.
2.pKa bisa di pakai untuk menentukan suatu senyawa bersifat asam.
masalah  : bagaimana pKa bisa digunakan untuk menentukan suatu zat bersifat asam ?
pendapat : Ka merupakan suatu tetapan hasil kali konsentrasi ion-ionnya yang terurai dari suatu asam. Misalnya saja
CH3COOH→CHCOO- +  H+
Sehinnga Ka=[CH3COO-] [H+]. Dengan kata lain, dalam setiap perhitungan Ka di dalamnya terdapat konsentrasi ion H+. Semakin besar konsentrasi ion H+ maka nilai Ka juga semakin besar dan disebabkan pKa=-log Ka. Maka pKa akan bernilai semakin kecil, sehingga semakin asam suatu zat, maka nilai pKa akan semakin kecil.


3.Masalah : mengapa hanya asam lemah saja yang memiliki nilai Ka sedangkan asam kuat tidak memiliki nilai Ka?
Pendapat : menurut saya asam kuat juga memiliki nilai Ka , akan tetapi nilai Ka asam kuat sangat sulit diukur secara tepat disebabkan secara pasti konsentrasi HA pada kondisi keadaan setimbang dan bahwa asam kuat kesetimbangannya jauh ke arah kanan sehingga besarnya konsentrasi HA yang tidak terhidrolisis sukar untuk di tentukan.
 
4.Asam dan basa kuat dapat terionisasi dengan sempurna dalam air
masalah   : Bagaimana asam dan basa kuat dapat terionisasi sempurna di dalam air ?
Pendapat : menurut saya , asam kuat dan basa kuat itu dapat terionisasi sempurna dalam air, misalnya kalau HCl dilarutkan dalam air, maka dalam air itu tidak ada lagi molekul HCl, yang ada hanyalah H+ dan Cl-. karena ionisasinya bersifat sempurna ( tidak kesetimbangan ) maka dalam air ada Cl- saja, tidak akan bereaksi dengan air membentuk HCl.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar